PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBAL


BAB I
PEDAHULUAN



A.    Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini, teknologi sudah menjadi  kebutuhan bagi masyarakat. Masyarakat tidak bisa lepas dari teknologi  dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka. Salah satu teknologi yang sering digunakan saat ini adalah teknologi informasi, teknologi yang digunakan hampir di semua bidang termasuk dalam bidang pendidikan.
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan penentu kualitas sumber daya manusia. Teknologi informasi dapat memberikan kemudahan dalam mengembangkan pendidikan yang lebih efektif, efisien, kompetitif, dan produktif yang berarti juga ikut membantu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri.
Oleh karena itu, dunia pendidikan dituntut untuk selalu bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk dapat mewujudkan hal tersebut, sehingga keterkaitan antara pendidikan dan teknologi informasi ini tidak bisa dipisahkan jika ingin membuat suatu pendidikan yang lebih baik. Dan akan lebih baik dalam mengembangkan pendidikan jika kita mengetahui terlebih dahulu manfaat dan kemudahan apa yang bisa diperoleh dari teknologi informasi ini.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)?
2.      Bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pengembangan sumber belajar?
3.      Bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pengembang proses belajar?


BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau sering disebut juga Information and Communications Technology (ICT) merupakan suatu wadah yang mencakup peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK terdiri dari dua aspek yang saling bersinergi, yaitu aspek informasi dan aspek komunikasi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari kata informasi adalah kabar atau berita tentang sesuatu[1], sedangkan arti dari kata komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami[2]. Dari arti kata tersebut, antara kata informasi dengan komunikasi sangatlah berkesinambungan. Ringkasnya, teknologi informasi adalah teknologi yang memproses dan memproduksi informasi, sedangkan teknologi komunikasi adalah teknologi yang menyebarluaskan dan menyampaikan informasi.
Adapun menurut pendapat beberapa ahli, pengertian dari TIK antara lain; (1) Eric Deeson, TIK adalah kebutuhan manusia dalam mengambil, memindahkan, mengolah, dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan; (2) Susanto, TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah. Jadi, yang dimaksud dengan TIK adalah teknologi yang memudahkan kerja setiap individu atau masyarakat secara umum dalam pengolahan, produksi, maupun penyampaian informasi.

B.     Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia
Perkembangan dunia teknologi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalih fungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. kemajuan teknologi yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan umat manusia. Adapun pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pengembangan SDM adalah sebagai peningkatan keahlian dan pengakuan keprofesian.

C.    Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Belajar
Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tidak hanya itu, kemungkinan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang tidak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan produk TIK, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar.
Komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah, pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara real time maupun delayed. Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

D.    Pemanfaatan dalam Pengembangan Sumber Belajar
1)      Buku Elektronik
Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional[3].
Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekadar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh computer. Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.
2)      E-Learning
Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning[4].

BAB III
KESIMPULAN

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau yang sering disebut juga dengan Infomation and Communications Technology (ICT) adalah teknologi yang memudahkan kerja setiap individu atau masyarakat secara umum dalam pengolahan, produksi, maupun penyampaian informasi. Seiring dengan perkembangannya, TIK memiliki peran yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan. Pemanfaatan TIK tersebut antara lain sebagai pengembang sumber daya manusia, pengembangan proses belajar, dan pengembangan sumber belajar. Dalam hal mengembangkan sumber daya manusia TIK berperan dalam meningkatkan keahlian dan pengakuan keprofesian. Sedangkan dalam hal pengembangan proses belajar dan sumber belajar TIK berperan dalam memberikan akses yang lebih mudah dan lebih sempurna dari pada proses dan sumber belajar konvensional.



Penulis Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Jurusan Pendidikan Agama Islam
Abu Rizal Nasution                (15422036)
Ana Sofia Azizah                   (15422052)
Muhammad Iqbal Firdaus      (15422118)
Eva Suci Nurdiana                 (15422119)
Yogo Sulistyo                         (15422155)
Ainun Chasanah                     (15422163)



            DAFTAR PUSTAKA

M. Sutarno. Peran Teknologi dalam Pembelajaran. Diakses dari http://physicsmaster.orgfree.com pada tanggal 18 September 2017.
Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses dari http://kbbi.kemdikbud.go.id pada tanggal 16 Oktober 2017.
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diakses dari http://www.komunikasipraktis.com pada tanggal 16 Oktober 2017.
Teknologi Informasi Komunikasi, diakses dari http://id.wikipedia.org pada tanggal 16 Oktober 2017.



[1] Kemendikbud, KBBI Daring, diakses dari kbbi.kemdikbud.go.id pada tanggal 16 Oktober 2017.
[2] Ibid.
[3] Teknologi Informasi Komunikasi, diakses dari http://id.wikipedia.org pada tanggal 16 Oktober 2017
[4] Ibid.

Komentar